06 February 2012

Chavez Siap Berperang Bantu Argentina


Foto : Presiden Venezuela Hugo Chavez (telegraph)

CARACAS - Presiden Venezuela Hugo Chavez mengatakan, pasukannya siap berperang untuk membantu Argentina bila ada konfrontasi bersenjata di Pulau Falkland.

Saat ini, Pangeran William dan Angkatan Laut Inggris hadir di pulau yang disebut oleh Argentina sebagai Pulau Malvinas. Argentina mengklaim, Inggris mencuri pulau itu 180 tahun yang lalu.

"Isu Pulau Malvinas adalah isu yang menjadi perhatian kami, saya berbicara kepada warga Venezuela. Namun bila Kerajaan Inggris akan menyerbu Argentina, Venezuela akan berada di sisi Argentina," ujar Chavez," seperti dikutip Daily Mail, Senin (6/2/2012).

Dalam pertemuan antar negara-negara Amerika Latin, Presiden Ekuador Rafael Correa menyarankan Argentina dan negara-negara Amerika Latin lainnya agar bersikap tegas dalam menghadapi Inggris.

Sementara itu, Inggris mengatakan, kunjungan dari para pasukannya ke Falkland adalah untuk memperingati 30 tahun konflik Falkland yang terjadi antara Inggris dan Argentina pada 1982 silam. 

"Saya rasa, acara ini bukanlah sebuah perayaan, namun ini adalah peringatan. Argentina juga harus menggelar peringatan yang sama untuk mengenang para pasukan yang tewas dalam konflik itu. Bila Argentina melakukan hal yang sama dengan kami, saya yakin, tidak akan ada ketegangan seperti ini," ujar Menteri Luar Negeri Inggris William Hague.

Peperangan antara Inggris dan Argentina di Pulau Falkland menewaskan ratusan korban. Beberapa orang pasukan Argentina juga ditangkap setelah perang berakhir.(AUL)

Source : okezone.com

0 comments:

Post a Comment