06 August 2012

India & Rusia Gelar Latihan Anti-Teror di Dekat China



NEW DELHI - Pasukan Rusia dan India siap menggelar latihan kontra-terorisme pertamanya di wilayah yang menjadi perbatasan Rusia dengan China dan Mongolia. Latihan itu akan digelar besok, hingga 16 Agustus mendatang.

Latihan kontra-terorisme tersebut akan melibatkan 250 pasukan dari Negeri Beruang Merah dan Negeri Bollywood. Latihan itu diselenggarakan di Republik Buryatia, yang terletak di wilayah tenggara Rusia. 

Para pejabat militer dari kedua negara itu menyebut latihan militer itu dengan nama INDRA 2012. Sejauh ini, India dan Rusia berupaya untuk meningkatkan kemampuannya dalam operasi anti-teror dan mnegisolasi kelompok-kelompok militan yang dianggap menjadi ancaman serius. Demikian, seperti diberitakan PTI, Senin (6/8/2012).

Kontingen India dipimpin oleh Mayor Jendral R.S. Chand dan diikuti pula oleh 14 Infranteri Mekanik, Resimen Lintas Udara, Artileri dan Korps Medis. Beberapa divisi dari pasukan India juga akan bergabung dalam latihan anti-teror tersebut.

Dalam latihan anti-teror itu, pasukan-pasukan Negeri Bollywood akan mendapat kesempatan untuk mencoba senjata-senjata yang digunakan Rusia. India juga akan mengerahkan pesawt Ilyushin-76 dalam latihan anti-teror itu.

Kedekatan hubungan India dan Rusia sejak dulu selalu terlihat dalam kerja sama militernya. India sebelumnya pun pernah menyewa kapal selam nuklir milik Rusia. 

Kedua negara itu pun melakukan kerja sama untuk mengembangkan jet tempur Sukhoi T-50 PAK FA FGFA,dan siap memproduksi 400 buah jet yang sanggup mengalahkan Black Eagle dan Raptor milik Amerika Serikat.(AUL)

Source : Okezone

0 comments:

Post a Comment