05 June 2012

Pakistan Jajal Misil Nuklir Daya Jangkau Luas


Foto : Misil Babur (nation)

ISLAMABAD - Pakistan berhasil menguji coba misil jelajah Hatf-VII (Babur) yang sanggup menghantam target sejauh 700 kilometer. Misil itu pun sanggup membawa hulu ledak nuklir dan menjangkau India.

Misil jelajah multi-laras Babur merupakan misil yang bisa meluncur dengan ketinggian rendah dan memiliki daya manuver yang cukup tinggi. Misil tersebut juga dilengkapi dengan daya akurasi yang cukup tinggi dan kemampuan siluman, seperti halnya Hatf-VIII (Ra'ad). Demikian, seperti diberitakan KUNA, Selasa (5/6/2012).

Senjata itu juga dapat digunakan bak senjata konvensional maupun pemusnah massal. Uji coba itu ditujukan untuk mendemonstrasikan strategi penangkalan dan pertahanan Pakistan. Kesuksesan uji coba misil multi-laras itu pun mendapat apresiasi dari Presiden Asif Ali Zardari dan Perdana Menteri Yousuf Raza Gillani. 

Pada 1 Juni lalu, Pakistan menguji coba Hatf-VIII (Ra'ad) yang juga sanggup membawa hulu ledak nuklir. Meski demikian, Ra'ad hanya sanggup menjangkau target sejauh 350 kilometer. Pakistan juga sudah menguji coba misil Hatf-IV miliknya pada April lalu.

Uji coba misil kerap dilakukan oleh Pakistan setelah India sukses meluncurkan misil jarak jauhnya, Agni V. Daya jangkau dari Agni V dinilai cukup jauh dan sanggup menghantam sejumlah negara di belahan dunia ini.

India dan Pakistan yang pernah terlibat dalam tiga peperangan tampak aktif melakukan uji coba persenjataan sejak 1998 silam. Uji coba yang mereka lakukan juga digelar secara rutin. Meski demikian, sejumlah pengamat menilai, India tidak lagi menganggap Pakistan sebagai negara yang paling mengancam karena Negeri Bollywood itu mulai mewaspadai peningkatan anggaran pertahanan China.(AUL)

Source : Okezone

0 comments:

Post a Comment