24 May 2012

Iran Produksi Helikopter


Ilustrasi

TEHERAN - Wakil Komandan Angkatan Darat (AD) Iran Kioumars Heidari mengatakan, Iran akan melakukan uji coba atas helikopter pertama buatan Negeri Persia itu. Menurut Heidari, uji coba akan dilakukan selama latihan pasukan Angkatan Udara (AU) Iran dalam waktu dekat.

"Ini merupakan helikopter militer pertama yang diproduksi oleh Iran. Model helikopter Iran ini mirip dengan helikopter jenis American Bell 209 Sea Cobra yang dilengkap dengan berbagai rudal milik Amerika Serikat (AS)," ujar Heidari, seperti diberitakan Fars yang dikutip Trend, Kamis,(24/5/2012).

Lebih lanjut Heidari menjelaskan, desain dan pembuatan helikopter dilakukan sendiri oleh para ahli Iran. Bahkan, Heidari mengklaim dalam beberapa hal helikopter pertama milik Iran ini unggung dibanding helikopter Apache milik AS. 
Namun, Heidari tidak menjelaskan lebih rinci dimana letak keunggulan helikopter milik Iran itu.

"Dalam latihan AU nanti juga akan dilakukan uji coba terhadap rudal dan roket anti-tank. Saat ini Iran tidak akan menggantungkan kebutuhan akan pembuatan helikopter kepada negara manapun," tutur Heidari.

Iran saat ini dikabarkan terus mengurangi ketergantungannya akan berbagai peralatan militer ke negara lain. Sebelum mengumumkan akan melakukan uji coba helikopter pertamanya, pada April lalu Panglima Angkatan Darat Iran Brigadir Jenderal Ahmadreza Pourdastan diketahui sempat mengatakan, pihaknya akan memodifikasi kendaraan lapis bajanya, Zulfigar.

Bahkan Jenderal Iran itu menjanjikan, pihaknya akan menjadikan Zulfigar sebagai kendaraan lapis baja terbaik di dunia.(rhs)

Source : Okezone

0 comments:

Post a Comment