14 March 2012

RI-Australia Diskusikan Masalah Pertahanan



CANBERRA - Menteri Luar Negeri Australia Bob Carr dan Menteri Pertahanan Stephen Smith menyambut baik dialog dengan Indonesia yang akan berlangsung di Canberra, Australia. Dialog ini akan berlangsung Kamis 15 Maret, esok.

Dialog Menteri Luar Negeri dan Pertahanan Australia-Indonesia ini adalah forum 2+2 (two plus two) perdana, yang dilakukan oleh kedua negara. 

Dialog 2+2 adalah suatu langkah penting dan bersejarah dalam upaya semakin memperkukuh hubungan yang telah sangat erat antara Australia dan Indonesia. Pihak Indonesia nantinya akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa dan Menteri Pertahanan Dr Purnomo Yusgiantoro. 

Menlu Carr menantikan diskusi luas dengan Menlu Natalegawa dan Menhan Yusgiantoro tentang kebijakan luar negeri dan pertahanan yang menjadi kepentingan bersama, guna mengidentifikasi tantangan-tantangan dan kesempatan-kesempatan bilateral, kawasan dan global. 

“Dialog dengan para dengan Indonesia berfungsi sebagai forum esensial untuk mengidentifikasi bidang-bidang kerja sama bilateral masa depan," ujar Menlu Carr dalam keterangan pers Kedutaan Besar Australia yang diperoleh okezone, Rabu (14/3/2012). 

Pertemuan perdana Menteri-Menteri Luar Negeri dan Pertahanan ini akan fokus pada kerja sama bilateral di bawah Traktat Lombok, kerja sama kawasan yang lebih luas, lingkungan global mutakhir dan akibat-akibatnya pada Australia dan Indonesia. 

Hubungan erat dan penting Australia dengan Indonesia didukung oleh Traktrat Lombok, termasuk komitmen bersama pada kedaulatan, persatuan, kemerdekaan dan keutuhan wilayah kedua negara. 

“Australia dan Indonesia sedang berupaya untuk memperluas kerja sama pertahanan dan keamanan dan untuk meningkatkan koordinasi bantuan kemanusiaan dan bencana, penjagaan perdamaian internasional, upaya-upaya anti-perompakan dan keamanan bahari,” tutur Menhan Australia Stephen Smith. 

“Dialog ini akan meningkatkan kerja sama politik, ekonomi, sosial, pertahanan dan keamanan yang telah berlangsung lama antara Australia dan Indonesia, dan membantu menentukan arah kepentingan-kepentingan dan hubungan-hubungan kawasan bersama kita. Termasuk dalam hal stabilitas, kemajuan dan kemakmuran kawasan Asia-Pasifik," imbuhnya. 

Dialog Australia-Indonesia 2+2 disepakati saat Kunjungan Kenegaraan Presiden Yudhoyono ke Australia pada Maret 2010. Dialog ini akan menjadi pertemuan resmi pertama Menlu Carr dengan mitra kerja Indonesia, sejak ditunjuk sebagai Menteri Luar Negeri Australia, menggantikan Kevin Rudd bulan lalu. (faj)

Source : Okezone

0 comments:

Post a Comment