20 March 2012

India, Negara Pegimpor Senjata Terbesar



STOCKHOLM - India dinobatkan menjadi negara importir senjata terbesar, mengalahkan China, Korea Selatan (Korsel), dan Pakistan. Volume impor senjata yang dilakukan oleh Negeri Bollywood itu mulai meningkat sejak 2007 lalu.

India terbukti menggeser China yang dahulu menjadi importir senjata terbesar di dunia. Menurut data dari lembaga penelitian asal Swedia, Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), volume impor senjata India pada 2007 hingga 2011 meningkat sebanyak 24 persen dibanding pada 2006 lalu.

Senjata-senjata yang diimpor oleh India bukan hanya senjata kecil dan ringan seperti halnya senapan serbu dan lainnya, melainkan senjata-senjata berat seperti halnya alutsista, anti-tank, dan kendaraan tempur.

Saat ini, Korsel mendapatkan urutan kedua sebagai negara pengimpor senjata terbesar, sementara itu Pakistan dan China mendapatkan urutan ketiga. Singapura tampaknya mendapat urutan keempat.

"Banyak negara-negara Asia melakukan impor senjata guna membangun industri pertahanannya dan mengurangi ketergantungan terhadap pasokan senjata dari luar," ujar peneliti senior dari SIPRI, Pieter Wezeman, seperti dikutip NDTV, Selasa (20/3/2012).

China yang dulu menjadi negara pengimpor senjata terbesar, saat ini terbukti menjadi negara pemasok senjata. Ekspor senjata yang dilakukan oleh China meningkat sebanyak 95 persen.

Menurut hasil penelitian, peningkatan impor senjata global disebabkan karena munculnya peristiwa Arab Spring di Timur Tengah. Pada 2011 lalu, Arab Saudi mulai melakukan pemesanan terhadap pesawat tempur F-15SA ke Amerika Serikat (AS) dalam jumlah yang banyak. AS juga terlihat masih memasok 45 buah tank ke Mesir dan juga Tunisia.(AUL)

Source : Okezone

0 comments:

Post a Comment