20 March 2012

AS Tambah Kapal Penyapu Ranjau


(Foto: Jpost) 
WASHINGTON - Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) dikabarkan akan meningkatkan jumlah kapal perang penyapu ranjau (minesweeping) dan helikopter di basis militer AS yang berada di kawasan Teluk. Tindakan itu dilakukan menyusul ancaman Iran yang mengatakan akan menutup Selat Hormuz.

Perwira AL AS Laksamana Jonathan Greenert mengatakan kepada anggota parlemen AS bahwa AL akan mengirimkan 4 kapal penyapu ranjau beserta dengan sejumlah helikopter untuk memperkuat armada AL AS di kawasan Teluk.

"Saya ingin memastikan bahwa pasukan kita siap, bahwa mereka adalah orang-orang yang layak untuk dikirimkan dan mereka memiliki kepercayaan diri. Mereka juga harus tahu apa yang akan mereka lakukan ketika mereka diperintah," ujar Perwira AL AS Laksamana Jonathan Greenert kepada Komite Senat untuk urusan Angkatan Bersenjata seperti dikutip AFP 

Empat kapal penyapu ranjau yang dijadwalkan akan bergabung dengan AL AS lainnya di Teluk kini diketahui tengah berada di basis militer AS di Bahrain. 

Kapal penyapu ranjau atau minesweeping ini adalah jenis kapal perang kecil yang dirancang untuk melawan ancaman yang ditimbulkan oleh ranjau laut. Kapal ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan menetralisir ranjau.

Hingga sejauh ini AS sendiri telah berulang kali mengatakan, pihaknya akan lebih mengutamakan upaya diplomasi dalam penyelesaian konflik program nuklir Iran. Namun AS tidak menutup kemungkinan terkait dengan berbagai opsi lainnya yang sewaktu-waktu dapat diambil jika Iran menolak untuk menghentikan program nuklirnya yang dicurigai Barat untuk memproduksi senjata nuklir.(rhs)

0 comments:

Post a Comment