16 February 2012

Rusia Sanggup Menahan Misil Bak Tangkap Kupu-Kupu

Foto : Radar Rusia (RIA Novosti)

MOSKOW - Rusia membangun stasiun radar barunya di wilayah sekitar Kota St. Petersburg, radar Voronezh-M merupakan perangkat yang sanggup mendeteksi adanya serangan misil yang ditujukan ke Negeri Beruang Merah.

Para petugas di stasiun radar itu sudah menjalani pelatihan khusus untuk mengoperasikan radar canggih itu. Peresmian stasiun radar baru tersebut juga dihadiri dari perwakilan Gereja Ortodoks Rusia.

"Ini merupakan peristiwa historis, stasiun radar ini mulai diaktifkan untuk sistem pertahanan Federasi Rusia," ujar pejabat militer Rusia Oleg Ostapenko, seperti dikutip Interfax, Kamis (16/2/2012).

Pada akhir 2011, Rusia juga mendirikan stasiun radar Voronezh-DM di wilayah Kaliningrad yang berdekatan dengan negara-negara anggota North Atlantic Treaty Organization (NATO). Hal itu juga dijadikan sebagai respons terhadap pembangunan sistem pertahanan misil Eropa yang dinilai mengancam Rusia.

Tujuan dari pembangunan stasiun radar baru di St. Petersburg ditujukan untuk mewaspadai ancaman misil dari sejumlah negara Barat. Pembangunan dari Voronezh-M dimulai pada 2005 lalu, dan diuji coba pada Maret 2007.

Selain sanggup mengawasi adanya penembakan misil dari Swedia dan Norwegia, Voronezh juga sanggup mendeteksi adanya pesawat yang terbang melintas ke wilayah Rusia. Rusia bahkan berencana untuk menempatkan stasiun radar yang sama di Pechora, Barnaul, Eniseisk, Omsk, dan Murmansk. Penempatan stasiun radar di wilayah tersebut akan dimulai pada 2015 mendatang.

Source : Okezone

0 comments:

Post a Comment