13 February 2012

Latihan Militer Gabungan AS-Korsel dan Konfrontasi Baru Semenanjung Korea

Latihan Militer Bersama AS-Korsel, Key Resolve 2011 (Foto: usfk.mil)

INTELIJEN - Latihan militer bersama Amerika Serikat dan Korea Selatan bersandi "Key Resolve” and “Foal Eagle” yang dijadwalkan Februari-Maret 2012, mengarah kepada konfrontasi dan menjengkelkan Korea Utara, demikian sebuah komentar yang dipublikasikan Rodong Sinmun, seperti dikutip Itar-Tass, Senin, 12 Februari 2012.

"Amerika Serikat dan sekelompok pengkhianat Korea Selatan, yang dipimpin oleh Presiden Lee Myung-bak, bertanggung jawab atas meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea dan krisis antara Utara dan Selatan", klaim surat kabar itu.

Pemerintah konservatif di Seoul setuju untuk menggunakan Korea Selatan, berubah menjadi sebuah koloni AS, sebagai kekuatan yang menonjol dalam proses penerapan strategi Amerika yang agresif di semenanjung, Rodong Sinmun menekankan.

Koran terkemuka di Pyongyang itu memperingatkan bahwa "Penghasut Perang" di Korea Selatan dan kekuatan-kekuatan dari luar, agar meninggalkan "kebijakan provokatif mengigau".

Latihan militer bersama "Key Resolve" direncanakan antara 27 Februari dan 9 Maret. Latihan ini akan melibatkan 200.000 petugas Korea Selatan dan 2.100 prajurit Amerika.

Sementara latihan perang bersama lainnya yang betajuk "Foal Eagle" akan dimulai pada tanggal 1 Maret dan akan berakhir pada 30 April. Latihan akan mengerahkan 11.000 pasukan dari divisi angkatan bersenjata Korea Selatan dan Amerika Serikat.

0 comments:

Post a Comment