18 February 2012

Israel Tak Suka India Mendukung Palestina


Foto : Menteri Energi Israel Uzi Landau (azertime)

YERUSALEM - Menteri Energi Israel Uzi Landau mengatakan, dukungan India terhadap Palestina di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) adalah kesalahan. Negeri Yahudi itu terus membujuk India agar menarik dukungannya atas Palestina.

"Biarkan saya mengutarakan pendapat saya terhadap isu ini. Saya rasa, ini adalah kesalahan. Saya yakin, kita perlu membujuk mitra kita, India agar mereka sadar. Sikap India sama halnya dengan menjauhkan kami dari perdamaian," ujar Landau seperti dikutip PTI, Jumat (17/2/2012).

"Bila Otoritas Palestina memiliki pimpinan seperti mendiang Muhammad Anwar Sadat di Mesir, perdamaian tentunya akan tercapai. Presiden Mahmoud Abbas menandatangani sejumlah kesepakatan dengan kami, namun ketika Palestina dimintai pertanggungjawaban mereka mundur," imbuhnya.

Ketika Landau diminta berkomentar terhadap sikap India yang keberatan terhadap proyek pemukiman di Yerusalem Timur, Landau menuding Palestina menjauhkan diri dari negosiasi.

Landau bahkan menyebut Palestina bersikap rasis karena menganggap Palestina tidak bersedia hidup berdampingan dengan Israel. 

Perselisihan antara Israel dan Palestina tampak masih memanas belakangan ini. Pertemuan terakhir yang dilakukan oleh kedua pihak juga tidak membuahkan hasil yang signifikan. 

Meski demikian, dukungan terhadap Palestina masih kuat. Sejumlah organisasi masyarakat (ormas) dari lembaga Asia, Afrika, Eropa, baik yang berbasis agama maupun kemanusiaan akan melakukan aksi bernama “Global March to Jerusalem” (GMJ) pada Maret mendatang.(AUL)

Source : okezone 

0 comments:

Post a Comment