20 February 2012

Iran-Oman Lakukan Latihan AL Bersama


Parade Kapal Perang Iran (Foto: emirates247)

TEHERAN - Komandan Angkatan Laut (AL) Iran Habibollah Sayari mengatakan, negaranya akan menggelar latihan Angkatan Laut bersama dengan sekutu terdekatnya Oman, pada Maret mendatang.

Laksamana Habibollah Sayari menegaskan latihan AL Iran dan Oman itu ditujukan untuk membangun kerja sama dalam operasi penyelamatan dan bantuan dalam menanggapi bencana.

"Iran siap melakukan kerja sama militer dengan negara-negara lain di kawasan untuk menjamin perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah," ujar Laksamana Sayari seperti dikutip Rt.com Senin, (20/2/2012).

Iran dan Oman melakukan latihan bersama di pantai seberang Selat Hormuz. Kedua negara ini tercatat sudah dua kali melakukan latihan militer yakni pada tahun 2009 dan 2011. 

Tahun lalu tercatat terdapat sekira empat kapal, dua pesawat jet tempur dan satu helikopter maritim yang bergabung dalam latihan bersama di bawah komando militer Oman. Dalam latihan ini Iran menyertakan empat kapalnya.

Sejak beberapa tahun terakhir, kehadiran AL Iran di perairan internasional dikabarkan meningkat seperti misalnya di kawasan Samudera Hindia dan Laut Mediterania.

Sejak 2008 lalu Iran juga dilaporkan  menempatkan AL miliknya di Teluk Aden, yang berada antara Somalia dan Yaman guna melindungi kapal tanker dan kapal dagang yang melintasi wilayah itu. Selain itu Iran pun kerap melakukan patroli di kawasan itu.

Tidak hanya akan melakukan latihan bersama dengan Oman, namun Iran dan Oman pun dikabarkan tengah menjajaki kerja sama dalam sektor energi.

Keputusan Iran yang memilih untuk menghentikan pasokan minyaknya ke Prancis dan Inggris sebagai bentuk protes atas keputusan Uni Eropa yang melarang impor minyak Iran, membuat Iran membutuhkan mitra baru guna menjalin kerja sama dalam sektor energi.

Atas dasar alasan itu lah maka belum lama ini Wakil Presiden Iran Mohammez Reza Rahimi dilaporkan melakukan kunjungan ke Oman baru-baru ini untuk melakukan pembicaraan terkait kerja sama perdagangan gas antar kedua negara.(rhs)

Source : okezone

0 comments:

Post a Comment