10 February 2012

AS Akui Israel Bunuh Ahli Nuklir Iran


Mobil Roshan yang dipasang bom (Foto: Fars)

WASHINGTON - Pejabat AS mengkonfirmasi bahwa Israel terlibat dalam pembunuhan ilmuwan nuklir yang terlibat dalam program nuklir Iran. 

Keterlibatan Israel itu melalui pemberian sejumlah dana dan pelatihan bagi organisasi Rakyat Mujahidin Iran (MEK).

Pernyataan AS tersebut didukung oleh Iran yang sejak lama meyakini keterlibatan intelijen Israel Mossad dalam pembunuhan ahli nuklirnya.

"Ada hubungan erat antara Mossad dan MEK. Namun AS tidak terlibat dalam masalah ini," ujar pejabat Washington dalam pernyataannya kepada NBC seperti dikutip Daily Mail Jumat, (10/2/2012). 

Pada 11 Januari lalu, ahli nuklir Iran bernama Mostafa Ahmadi Roshan tewas dalam ledakan bom di Kota Teheran, Roshan tewas dalam ledakan bom mobil yang dipasang oleh seorang pengendara motor. Iran pun tak henti-hentinya menuding Israel, sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap tewasnya Roshan.

Sementara itu Presiden AS Barack Obama telah mengemukakan padangannya awal pekan ini dengan mengatakan, ketegangan AS-Iran terkait program nuklir dapat diselesaikan melalui perundingan atau kesepakatan damai.

Namun menurut media AS, sikap Obama itu justru menunjukkan kelemahannya dalam menangani isu-isu Timur Tengah. Media AS juga mengatakan, kelemahan inilah yang membuat Obama tidak layak melanjutkan periode kedua pemerintahannya.(rhs)

Source : okezone

0 comments:

Post a Comment