26 January 2012

Korsel Kembali Lakukan Latihan Perang

Marinir Korsel (Foto: Reuters)
SEOUL - Marinir Korea Selatan (Korsel) kembali melakukan latihan perang di wilayah perbatasan laut dengan Korea Utara (Korut). Kali ini pihak marinir menggunakan organik dalam menjalani latihan perang tersebut.

"Pasukan marinir kembali melakukan perang hari ini. Latihan tersebut dilakukan di dua pulau utama, yakni Baengnyeong dan Yeonpyeong," ujar juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel seperti dikutip AFP, Kamis (26/1/2012).

Militer Korsel menilai ini adalah latihan rutin yang biasa mereka lakukan. Latihan tembak yang berlangsung selama dua jam tersebut di dekat Perbatasan Laut Kuning. Pihak Marinir Korsel dikabarkan menggunakan senjata berat selama latihan berlangsung.

Belum ada tanggapan pihak Korut mengenai latihan perang ini. Sebelumnya, pada latihan serupa pada November 2010 lalu, membuat pihak Korut terprovokasi dan melakukan serangan ke Pulau Yeonpyeong yang menewaskan dua prajurit dan dua warga sipil.

Sebelumnya November 2010 kedua belah pihak juga terlibat keributan di perbatasan laut, saat Seoul menuduh Pyongyang melancarkan serangan torpedo ke arah kapal perang Korsel. Serangan Maret 2010 itu menyebabkan 46 pelaut Korsel tewas, tetapi Korut membantah keras tuduhan Korsel tersebut.

Kini Korut sudah tidak lagi dipimpin oleh Kim Jong-Il yang wafat pada 17 Desember lalu. Kekuasaan di Negeri Komunis itu sudah berpindah tangan ke putra bungsunya Kim Jong-Un yang bersumpah tidak akan mengubah kebijakan yang ditetapkan ayahnya.(faj)

Source: okezone.com

0 comments:

Post a Comment