30 October 2012

Serangan Israel ke Sudan Adalah Persiapan Menyerang Iran



LONDON - Menurut sumber dari Kementerian Pertahanan Israel, serangan udara Israel terhadap pabrik senjata Sudan adalah  "persiapan" yang dilakukan Israel untuk menyerang Iran. Serangan itupun dikecam karena dianggap melanggar kedaulatan Sudan.

Ketika melakukan serangan ke pabrik senjata Sudan, Israel menggunakan delapan jet tempur, dua helikopter dan sebuah pesawat berisi bahan bakar. Pesawat-pesawat itu terbang rendah di Laut Merah, guna menghindari senjata pertahanan udara Mesir, serta memanfaatkan teknologi siluman agar tidak terdeteksi ketika memasuki wilayah Sudan.

Empat jet melakukan pengeboman, dan empat jet lainnya mengawasi wilayah udara Sudan. Sementara itu, helikopter membawa 10 orang pasukan Israel yang akan terlibat dalam misi penyelamatan, bila jet tempur itu diserang.

"Ini merupakan aksi unjuk gigi dari kekuatan kami, dan apa kiranya yang bisa diharapkan Iran pada musim semi mendatang?" ujar pejabat Israel yang tak mau disebut identitasnya, seperti dikutip Sunday Times, Selasa (30/10/2012).

Pejabat Israel itu menuduh Sudan membantu Iran dalam menyelundupkan senjata ke Hamas dan Hizbullah. Negeri Yahudi yakin, Sudan adalah wilayah transit pendistribusian senjata ke musuh-musuh Israel.

Akibat serangan udara tersebut, pabrik senjata Yarmouk hancur dan banyak wilayah lainnya yang rusak parah. Sudan pun menegaskan, negaranya berhak merespons serangan yang dilakukan Israel karena serangan itu jelas melanggar kedaulatan Sudan.

Pabrik senjata Yarmouk adalah pabrik manufaktur persenjataan milik Pemerintah Sudan. Sudan sangat membanggakan pabrik yang sudah memproduksi jutaan amunisi dan persenjataan, meski adanya sanksi Amerika Serikat (AS) dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Source : okezone 

0 comments:

Post a Comment