23 July 2012

Taiwan Ingin Beli Tank Bekas Perang Irak


Foto : Tank M60 milik Taiwan (Wikimedia)


TAIPEI - Taiwan mempertimbangkan untuk membeli tank Amerika Serikat (AS) yang digunakan dalam perang Irak dan Afghanistan. Pembelian itu ditujukan untuk memperbaharui sistem persenjataan Taiwan yang sudah usang.


Belakangan ini, Taiwan juga semakin khawatir dalam menyaksikan perkembangan kekuatan militer China. Saat ini, Taiwan memiliki banyak tank M60 dan M48 buatan AS. Tank jenis M60 juga merupakan tank yang dibangun sekira tahun 1960 hingga 1987.


Negeri yamg memisahkan diri dari China itu juga memiliki puluhan tank M41, yang digunakan AS dalam Perang Korea dan Vietnam. Namun M60 masih menjadi kendaraan lapis baja utama di Taiwan. 


"Masalah ini sedang dievaluasi oleh militer. Banyak isu yang harus dipertimbangkan. Salah satunya adalah masalah dukungan logistik dan perbaharuan sistem M60," ujar juru bicara Kementerian Pertahanan Taiwan  David Lo, seperti dikutip AFP, Senin (23/7/2012).


Salah satu media di Taiwan melaporkan bahwa beberapa perlengkapan militer milik AS yang digunakan untuk Irak dan Afghanistan, akan dijual ke negara yang merupakan mitra AS. Sementara itu, muncul pula komentar dari Deputi Menteri Pertahanan Taiwan Chao Shih-Chang, terkait keperluan menambah 200 tank untuk angkatan darat. 


Selama ini, AS masih menjadi pemasok senjata terbesar ke Taiwan. Pada Januari 2010, Presiden AS Barack Obama berniat untuk mengadakan penjualan perangkat militer ke Taiwan senilai miliaran dolar AS. Tindakan itu pun semakin membuat China menjadi berang.(AUL)

Source : Okezone

0 comments:

Post a Comment