28 July 2012

Obama Tandatangani RUU Kerja Sama Pertahanan AS-Israel


Presiden Barack Obama (Foto: AFP)

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) BaracK Obama akan menandatangani rancangan undang-undang (RUU) demi memperkuat kerja sama keamanan antara Negeri Paman Sam dan Israel. RUU Peningkatan Kerja sama Keamanan kedua negara ini sendiri kabarnya akan ditandangani Jumat waktu setempat.

"RUU nantinya akan memperdalam kerjasama keamanan AS dengan Israel dengan cara memperluas bantuan militer kami dan memberikan Israel akses ke peralatan tambahan," ujar Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Tommy Vietor, seperti dilansir Pan Armenian, Jumat (27/7/2012).

Kebijakan yang sudah melewati proses pemungutan suara di Kongres pekan lalu, nantinya akan meningkatkan kerja sama pertahanan. Kerja sama itu meliputi latihan militer bersama, pembangunan sistem pertahanan anti-rudal di Israel.

RUU ini juga mengatur pengawasan Kongres AS untuk memastikan bahwa Israel dapat mempertahankan keunggulan kualitatif militernya di kawasan Timur Tengah. Termasuk untuk menangkal ancaman dari luar kawasan.

Aturan tersebut juga mengarah pada kebijakan untuk menyimpan sejumlah perlengkapan militer tambahan AS di Israel, untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu perang terjadi.

Pengesahan RUU ini sendiri kabarnya akan dilakukan bertepatan dengan kunjungan kandidat presiden AS dari Partai Republik, Mitt Romney ke Israel. Selama ini dalam beberapa kesempatan Romney kerap menyebut Obama adalah sosok yang tidak bersahabat dengan Israel.

Source : Okezone

0 comments:

Post a Comment