14 June 2012

AS Akan Gelar Latihan AL dengan Jepang & Korsel



WASHINGTON - Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS) mengumumkan pihaknya akan menggelar latihan angkatan laut (AL), bersama dengan Korea Selatan (Korsel) dan Jepang. Latihan bersama yang akan berlangsung di Semenanjung Korea ini, kabarnya akan digelar pada 21-22 Juni mendatang.

"Latihan akan fokus untuk meningkatkan kemampuan saling bertukar dan menggunakan informasi serta komunikasi dengan AL Korsel dan AL Jepang. Kegiatan ini dilakukan untuk memfasilitasi kerja sama dalam memberikan bantuan terhadap bencana serta dan kegiatan keamanan maritim di masa mendatang," sebut Pentangon dalam pernyataannya, yang dikutip Xinhua, Kamis, (14/6/2012).

Dalam pernyataannya Pentangon menegaskan, latihan trilateral ini akan dilakukan di luar teritori negara pantai.

Setelah melakukan latihan bersama ini, AL AS dikabarkan akan melakukan operasi rutin bersama dengan AL Korsel di Laut Kuning pada 23-25 Juni mendatang. Kapal induk AS George Washington pun kabarnya akan berlabuh di Busan, Korsel setelah melakukan serangkaian kegiatan di Semenanjung Korea tersebut.

Sepanjang 2011 lalu Negeri Paman Sam dilaporkan telah memulai fokus operasinya di kawasan Asia Pasifik. AS juga telah mendorong terjalinnya kerja sama di berbagai bidang dengan sejumlah negara di kawasan ini.

Seperti diketahui kawasan Semenanjung Korea kerapkali memanas menyusul ketegangan hubungan antara Korsel dan negara tetangganya, Korea Utara (Korut). Korut selama ini dikenal memiliki hubungan dekat dengan China. 

Sementara itu, kencang berhembus kabar bahwa pergeseran fokus kebijakan strategis AS ke kawasan Asia, dinilai untuk membendung pengaruh China khususnya di wilayah Asia Pasifik. Meski AS sudah berulang kali menampik kabar ini.

Menanggapi pergeseran kebijakan AS ini, China pun berharap agar Negeri Paman Sam dapat memainkan peran konstruktif di kawasan Asia dan menghormati kepentingan seluruh negara yang berada di wilayah ini termasuk di dalamnya, China.(rhs)

Source : Okezone

0 comments:

Post a Comment