18 June 2012

Arab Saudi Ingin Membeli 800 Tank Leopard dari Jerman




FRANKFURT, KOMPAS.com -- Rencana Arab Saudi membeli tank tempur utama Leopard dari Jerman ternyata jauh lebih besar dari dugaan semula. Kabar terbaru menyebutkan, negara kaya minyak itu berniat membeli sekitar 600-800 unit tank Leopard dari Jerman.

Demikian dikabarkan surat kabar Jerman, Bild am Sonntag, Minggu (17/6/2012). Sebelum ini, kabar yang beredar menyebutkan Arab Saudi hanya ingin membeli 300 unit tank tempur utama itu.

Dengan jumlah terbaru ini, kontrak pembelian tersebut diperkirakan bernilai total 10 miliar euro (Rp 118,5 triliun), yang berarti akan menjadi salah satu kontrak pembelian terbesar sarana pertahanan yang pernah diterima Jerman. Tank-tank Leopard itu akan diproduksi di Spanyol dengan lisensi dari Jerman.

Hingga saat ini, rencana pembelian itu masih ditentang oleh Kantor Kanselir Jerman, Kementerian Pertahanan dan Kementerian Luar Negeri Jerman. Namun, Kementerian Ekonomi Jerman mendukung penuh rencana tersebut.

Pihak Arab Saudi sendiri menginginkan seluruh kontrak sudah ditandatangani sebelum memasuki bulan Ramadhan, 20 Juli. Kontrak pertama untuk pembelian 300 tank pertama kabarnya sudah siap ditandatangani.

Source : Kompas


0 comments:

Post a Comment