08 May 2012

Putin Ingin Rusia Miliki Persenjataan Modern


Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: RIA Novosti)

MOSKOW - Setelah resmi dilantik sebagai Presiden Rusia pada Senin 7 Mei kemarin, Vladimir Putin dilaporkan langsung memberikan instruksinya sebagai seorang kepala negara. Putin meminta pemerintah memastikan peningkatan kemampuan Angkatan Laut Rusia.

Peningkatan yang diinginkan Putin ini terutama di wilayah Timur Jauh dan Zona Arktik. Kedua wilayah tersebut memang dianggap penting oleh Negeri Beruang Merah itu.

"Presiden juga memerintahkan agar Angkatan Bersenjata dilengkapi dengan sistem persenjataan yang modern. Serta adanya peningkatan anggaran militer sekira 70 persen pada 2020 mendatang," demikian disampaikan Kremlin seperti dikutip RIA Novosti Selasa, (8/5/2012).

Sebelumnya, Putin diketahui telah lebih dulu menginstruksikan pemerintah untuk mengajukan rancangan proposal pembentukan badan eksekutif federal. 

Lembaga itu nantinya akan bertanggung jawab dalam pelaksanaan hal-hal yang berkaitan dengan pertahanan negara. Berbagai permasalahan terkait dengan pertahanan negara sebelumnya ditangani oleh Kementerian Pertahanan dan Agen Federal.

Tidak hanya itu, Putin bahkan meminta agar jumlah prajurit cadangan di Angkatan Bersenjata Rusia harus meningkat tidak kurang dari 50 ribu orang setiap tahunnya.

Setelah diambil sumpahnya sebagai Presiden Rusia yang baru kemarin, Putin resmi menjadi Presiden Negeri Beruang Merah itu untuk ketiga kalinya. Sebelumnya mantan agen KGB tersebut sempat menjabat sebgaai presiden selama dua periode yakni pada 2000 hingga 2008.

Namun, proses pengambilan sumpah terhadap Putin diwarnai dengan aksi protes yang dilakukan oleh sekira 20 ribu orang. Para pengunjuk rasa ini menentang pelantikan Putin. 

Polisi dilaporkan menangkap sekira 400 pengunjuk rasa yang dinilai memancing kerusuhan. Tiga di antara mereka yang ditangkap adalah politisi oposisi Sergei Udaltsov, Aleksei Navalny, dan Boris Nemtsov.(rhs)

Source : Okezone

0 comments:

Post a Comment