10 May 2012

Pakistan Sukses Uji Coba Misil Hatf III


Foto : The Nation

ISLAMABAD - Militer Pakistan melaporkan, negaranya berhasil melakukan uji coba misil jarak pendek bernama Hatf III, yang sanggup membawa hulu ledak nuklir pada hari ini.  

Hatf III merupakan misil yang dapat menempuh jarak 290 kilometer (km)dan membawa hulu ledak nuklir. Pada dua pekan yang lalu, Pakistan juga berhasil menguji coba misil jarak menengah sebagai responsnya terhadap India yang menguji coba misil jarak jauh Agni V. Demikian seperti diberitakan AFP, Kamis (10/5/2012).

Pakistan dan India sering terlibat dalam perseteruan yang cukup serius. Kedua negara itu bahkan sempat berperang selama tiga kali, sejak mereka baru saja merdeka dari jajahan Inggris.

Selain sering mengalami perseteruan, kedua negara Asia Selatan yang memiliki nuklir itu kerap melakukan uji coba misil sejak 1998 silam. Menurut para pengamat, India saat ini mulai mengubah perspektif ancamannya. Saat ini, Negeri Bollywood itu tampak lebih mewaspadai China, ketimbang Pakistan.

Meski demikian, Pakistan tampaknya masih khawatir dengan India, yang merupakan musuh lamanya. Kedekatan hubungan Amerika Serikat (AS) dan India juga terlihat makin menyudutkan Pakistan. 

Hubungan AS dan Pakistan belakangan ini memburuk, terutama setelah AS menggelar operasi militer yang menewaskan Osama bin Laden. Saat ini, penggunaan pesawat pengebom tak berawak AS juga kerap menjadi sumber kecaman di Pakistan.(AUL)

Source : Okezone

0 comments:

Post a Comment