12 April 2012

Pesawat Rusia Mengudara di Atas Kapal Perang Jepang


Foto : Pesawat IL-38 (RIA Novosti)

MOSKOW - Pesawat militer Rusia tampak mengudara di atas kapal perang jenis destroyer milik Jepang. Kapal itu bersiap untuk menembak jatuh roket Korea Utara (Korut), bila roket memasuki wilayah Jepang.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, pesawat IL-38 mengudara di dekat Pulau Honshu, Jepang yang menjadi basis dari kapal-kapal destroyer Negeri Sakura itu. Pesawat IL-38 juga dikawal oleh pesawat tempur Jepang saat mengudara.

Stasiun televisi Jepang NHK TV melaporkan, pesawat Rusia sedang mengumpulkan informasi tentang sistem Aegis yang dipasang di persenjataan destroyer milik Jepang. Pesawat Rusia juga mengadakan misi mata-mata, meski demikian pesawat itu tidak melanggar batas wilayah Jepang. Demikian seperti diberitakan RIA Novosti, Rabu (11/4/2012).

Jepang mengerahkan kapal destroyernya untuk mewaspadai peluncuran roket Korut pada April ini. Jepang juga mulai mengerahkan sistem pertahanan misilnya di Pulau Okinawa dan di Tokyo.

Meski Korut menjelaskan, peluncuran roket itu adalah program antariksa yang bersifat damai, komunitas internasional tidak mempercayainya. Sejumlah negara memandang peluncuran satelit itu adalah kedok dari uji coba misil balistik negeri komunis Asia itu.

Selain Jepang dan Korea Selatan (Korsel), Taiwan juga sudah mempersiapkan diri untuk menembak roket yang diluncurkan oleh Korut. Sejumlah negara di kawasan Asia khawatir puing-puing roket itu akan masuk ke wilayahnya.(AUL)

Source : Okezone

0 comments:

Post a Comment