03 April 2012

Korut Punya 10 Ribu Teknisi Misil


ilustrasi : IST

SEOUL - Pejabat militer Korea Selatan (Korsel) melaporkan, sekira 10 ribu teknisi ahli misil bekerja untuk Korea Utara (Korut). 10 ribu teknisi sama saja dengan tiga kali jumlah teknisi yang dimiliki Korsel.

Korut mulai mengembangkan teknologi misil balistik pada pertengahan 1970 seperti halnya misil Scud-Bs yang dapat menjangkau target 300 kilometer dan Scud Cs yang berjarak 500 kilometer. Korut sudah mengerahkan misil-misil itu di garis perbatasan sejak 1980 silam.

Korsel juga memprediksikan, Korut nampaknya menghabiskan dana sebesar USD3,1 miliar atau sekira Rp28 triliun untuk mengembangkan dan menguji coba misil balistik jarak jauhnya. Demikian seperti diberitakan Chosun Ilbo, Selasa (3/4/2012).

Roket yang diluncurkan oleh Korut pada bulan ini juga diperkirakan seharga USD850 juta atau sekira Rp7 triliun. Dana sebesar itu nampaknya sudah cukup untuk membantu 19 juta warga Korut yang hidup dalam garis kemiskinan dan kelaparan. 

Korsel juga yakin, Korut masih menyisihkan dana untuk melakukan pelatihan terhadap tenaga ahlinya dalam bidang misil.

Bila melihat data dari Korsel, Korsel hanya memiliki 2 ribu tenaga ahli dalam bidang roket, dan 200 di antaranya tergabung dalam Institut Penelitian Antariksa Korsel. Industri pertahanan Korsel bahkan mengakui, kapasitas dari penelitian Roket Korut jauh lebih maju ketimbang Korsel.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa ratusan teknsisi roket dan nuklir Korut memiliki hubungan dengan Iran. Korut sebelumnya pun dituduh mengadakan kerja sama nuklir dengan Suriah, Pakistan, dan Myanmar.(AUL)

Source : Okezone

0 comments:

Post a Comment