05 April 2012

Jepang Kerahkan Pesawat Tempur untuk Hadapi Korut



TOKYO - Untuk pertama kalinya, Pasukan Bela Diri Jepang berencana untuk mengerahkan pesawat tempur untuk bertahanan dari ancaman roket yang muncul dari Korea Utara (Korut).

Jepang berniat untuk menggunakan pesawat dan kapal tempur untuk melindungi negaranya. Pada April ini, Jepang juga berniat mengerahkan kapal destroyer yang dilengkapi dengan Aegis yang sanggup menembak jatuh satelit Korut. Pesawat F-15 juga akan mengudara untuk melindungi kapal destroyer Jepang. Demikian seperti diberitakan Strategy Page, Kamis (5/4/2012).

Kapal destroyer Jepang juga dilengkap dengan senjata yang sanggup menghancurkan misil balistik dan menembak jatuh satelit dalam orbit yang rendah. Radar Aegis juga dapat melacak seluruh target yang ada di sekitar wilayah Jepang. 

Jepang sendiri akan mengirimkan tiga kapal destroyernya ke Laut China Timur dan Laut Jepang. Bila memang kapal itu mengalami gangguan dari pesawat musuh, F-15 milik Jepang siap menghadangnya.

Amerika Serikat (AS) juga memiliki andil dalam mempertahankan mitranya di Asia. AS akan menggunakan radar lautnya, SBX. SBX sanggup untuk mendeteksi seluruh wilayah di sekitarnya dan memiliki sistem peringatan dini bila muncul serangan misil. 

Ketegangan di wilayah Asia kian meningkat seiring dengan adanya rencana Korut meluncurkan satelit antariksanya. 

Peluncuran satelit yang dilengkapi roket jarak jauh itu menjadi suatu pelanggaran bagi Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB). Meski demikian, Korut nampak mengabaikan seluruh peringatan yang ada.(AUL)

Source : Okezone

0 comments:

Post a Comment