10 March 2012

Kopaska Pamerkan Persenjataan di Mal



Surabaya (ANTARA News) - Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut menggelar pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) secara umum di salah satu mal di Surabaya yang digelar 4-11 Maret 2012.

Menurut Penanggung Jawab pameran, Kapten Laut (KH) Kemas M. Yusri, pameran ini digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-50 Kopaska.

"Ini juga sebagai bukti dan petunjuk eksistensi Kopaska sebagai salah satu unit kekuatan di TNI Angkatan Laut," ujarnya kepada wartawan, Jumat.

Di samping itu, pameran juga bertujuan agar masyarakat secara umum dapat melihat dan mengamati dari dekat senjata-senjata yang biasa digunakan TNI ketika berlatih dan bertugas menjaga perdamaian dunia.

"Senjata-senjata yang dibawa Pasukan Garuda 23/D ketika bertugas di Lebanon juga ada. Pengunjung kami perbolehkan memegang, tapi tidak dicoba atau ditenteng," papar dia.

Mayoritas senjata yang dipamerkan memang buatan luar negeri, seperti Jerman, Inggris, Austria, dan beberapa negara lainnya. Namun tidak sedikit juga buatan dalam negeri dari PT Pindad, yakni Senjata Serbu (SS) V1-V4 kaliber 5,56 mm.

Puluhan peralatan tempur yang dipamerkan antara lain senjata api laras panjang, pistol, peluru tajam, granat, alat selam, hingga kendaraan taktis, baik roda dua maupun roda empat ditampilkan.

"Ada juga berbagai macam medali serta sejumlah penghargaan dari partisipasi Kopaska dalam misi perdamaian," kata Kemas M. Yusri.

Salah seorang pengunjung, Prasetyo, mengaku kagum dengan peralatan perang dan senjata yang dimiliki TNI. Ia berharap pameran seperti ini tidak hanya sekali saja diadakan, namun digelar rutin di sejumlah tempat.

"Selama ini masyarakat umum sepertinya takut dengan aparat yang memiliki senjata lengkap dan tubuh kekar. Kalau ada pameran seperti ini bisa membuat masyarakat tahu dan percaya terhadap TNI," tukasnya.

Source : Antaranews

0 comments:

Post a Comment