29 March 2012

97% Persenjataan India Sudah Uzur?



NEW DELHI - Surat pribadi yang dilayangkan oleh seorang pejabat militer India ke Perdana Menteri Manmohan Singh, bocor. Dalam surat itu, pejabat militer India mengungkapkan bahwasannya banyak persenjataan India yang sudah uzur dan tak layak digunakan.

Surat yang dilayangkan Jendral VK Singh ke Perdana Menteri Manmohan Singh pada 12 Maret lalu dipublikasikan ke media. Surat itu mengungkap buruknya persenjataan militer Negeri Bollywood. Tank-tank milik India mulai kekurangan amunisi dan 97 persen sistem pertahanan india juga sudah uzur serta tidak layak digunakan.

"Persenjataan-persenjataan negara seperti artileri, sistem pertahanan udara, peralatan infantri, dan pasukan khusus sudah sangat memperihatinkan," ujar Jendral Singh dalam suratnya, seperti dikutip AFP, Rabu (28/3/2012).

Jendral Singh menjelaskan bahwa tank milik negaranya tidak akan sanggup menghadapi tank milik musuh. Situasi tersebut tidak akan membuat India percaya diri dalam melindungi negaranya. Infantri dan pasukan khusus juga kurang dipersenjatai dengan senjata-senjata yang layak.

Pemerintah India mengumumkan akan kenaikkan anggaran militer negaranya yang sebesar 17 persen pada bulan ini. India bahkan sudah dinobatkan menjadi negara pengimpor senjata terbesar di dunia, mengalahkan China, dan Korea Selatan.

Selain membahas masalah persenjataan, Jendral Singh juga mendesak adanya transparansi dari setiap anggaran militer India. 

Salah seorang pejabat oposisi India Arun Jaitley mengutarakan keluhannya atas munculnya kebocoran surat yang dilayangkan Jendral Singh. Menurutnya, surat itu akan menjadi alat yang akan memperburuk hubungan Jendral Singh dan para pejabat di India.(AUL)

Source : Okezone

0 comments:

Post a Comment