07 February 2012

Pesawat Serang Korut Dibuat di AS


Pesawat serang yang dikembangkan Korut berasal dari AS (Foto: Gizmodo)

PYONGYONG - Korea Utara (Korut) diketahui mulai mengembangkan pesawat penyerang tak berawak. Pesawat ini sendiri ternyata memang dibuat di Amerika Serikat (AS) dan digunakan oleh Angkatan Udara AS.

Seperti diberitakan pada Senin 6 Februari kemarin, pesawat pengebom MQM-107D ini dibeli oleh pihak Korut dari Suriah. Negara Komunis itu pun saat ini tengah membangun pesawat penyerang tak berawak, berdasarkan pesawat itu.

Pesawat yang dikembangkan pada era 1970-an tersebut menurut laporan, tengah diisi dengan bahan peledak. Menurut laporan pesifikasi peledak dan persenjataan dari pesawat tersebut dikabarkan mematikan. Demikian diberitakan Gizmodo, Selasa (7/2/2012).

Pesawat bertenaga turbo jet dengan kecepatan tinggi ini sempat digunakan oleh Angkatan Darat dan Angkatan Udara AS sebagai pesawat uji coba target. Pesawat ini dapat dipergunakan beberapa kali sesuai dengan kebutuhan.

Tetapi sepertinya pihak Korut enggan menggunakan pesawat itu beberapa kali. Mereka sepertinya akan menggunakan pesawat itu, bak seorang pilot yang sudah kehilangan amunisi dan menggunakan pesawatnya sebagai serangan bunuh diri. 

Diperkirakan pesawat ini akan dipersiapkan di wilayah perbatasan laut yang menjadi sengketa kedua negara. Pesawat ini pun tentunya siap untuk melancarkan serangan ke arah pasukan Korsel.

Meski teknologi di era 1970 sepertinya sudah ketinggalan zaman, tetap saja pesawat ini dapat menimbulkan ancaman besar. Bila mampu terbang tinggi dan dipenuhi bahan peledak, sudah pasti pesawat bekas itu amat berbahaya.(faj)

Source : okezone.com

0 comments:

Post a Comment