19 February 2012

Kapal Perang Iran Masuki Laut Mediterania


Kapal Perang Iran Melintasi Terusan Suez (Foto: The Daily Telegraph)

TEHERAN - Komandan Angkatan Laut (AL) Iran Laksamana Habibollah Sayari mengatakan, kapal perang Iran telah memasuki Laut Mediterania setelah sebelumnya kapal melintasi Terusan Suez pada Sabtu (18/2/2012) kemarin.

Habibollah Sayari mengatakan, masuknya kapal perang Iran ke kawasan Laut Mediterania merupakan sebuah upaya untuk menunjukkan kekuatan Iran kepada negara-negara di kawasan Timur Tengah.

"Angkatan Laut Iran telah melewati Terusan Suez untuk yang kedua kalinya sejak Revolusi Islam terjadi di Iran pada 1979," ujar Sayari seperti dikutip kantor berita Iran IRNA, Minggu (19/2/2012).

Namun dalam pernyataannya, Sayari tidak menyebutkan berapa banyak kapal AL Iran atau apa yang menjadi misi utama mereka di kawasan itu.

"Angkatan Laut Iran akan menunjukkan kekuatan Iran ke negara-negara kawasan Timur Tengah. Tidak hanya itu, lewat hal ini Teheran juga menyampaikan pesan damai dan persahabatan," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sayari menambahkan, sebelumnya dua kapal perang Iran yakni kapal destroyer Shahid Qandi dan kapal Kharg telah lebih dulu merapat di pelabuhan Kota Jeddah, Arab Saudi pada 4 Februari lalu.

Sebelumnya kehadiran AL Iran di Laut Mediterania pada Februari 2011 lalu telah menimbulkan reaksi keras dari Israel dan Amerika Serikat (AS). Israel bahkan sempat menyiagakan pasukan AL miliknya di kawasan itu.

AL Iran dilaporkan telah meningkatkan kehadirannya di perairan internasional sejak 2011 lalu. Di antaranya Iran sudah mengerahkan AL miliknya ke Samudera Hindia dan Teluk Aden dalam misi untuk melindungi kapal Iran dari perompak Somalia.

Pengumuman terkait kehadiran AL Iran di Laut Mediterania ini muncul di tengah semakin memanasnya hubungan Iran-Barat serta spekulasi yang menyebutkan ada kemungkinan serangan ke fasilitas nuklir Iran yang akan dilakukan oleh Israel.(rhs)

Source : okezone

0 comments:

Post a Comment