17 February 2012

Iran: Militer Asing Ganggu Keamanan Teluk Persia


Foto : Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Ramin Mehmanparast (iranhumanrights)

TEHERAN - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Ramin Mehmanparast menilai, kehadiran kekuatan militer asing di Teluk Persia menciptakan gangguan terhadap keamanan.

"Satu-satunya strategi untuk menghilangkan ancaman di Teluk Persia adalah meminta para pasukan asing itu kembali ke wilayahnya. Pembangunan keamanan regional akan lebih baik bila dibentuk oleh negara-negara yang ada di kawasan yang sama," ujar Mehmanparast, seperti dikutip Press TV, Kamis (16/2/2012).

Menurut Mehmanparast, mengurus keamanan di Teluk Persia merupakan prioritas Iran, dan saat ini Negeri Persia itu bahkan siap untuk menangkal segala ancaman yang muncul di wilayah tersebut.

Pada Minggu lalu, Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jendral Ahmad Vahidi menegaskan bahwa Iran mengawasi penuh perairan Teluk Persia, setiap saat.

"Seluruh pasukan asing yang beroperasi di Teluk Persia berada dalam pengawasan dari Republik Islam Iran," ujar Vahidi.

Pada Rabu kemarin, kapal patroli dan pesawat tempur Iran dilaporkan membuntuti kapal induk milik Amerika Serikat (AS) USS Abraham Lincoln yang tengah melintas di Selat Hormuz. Meski demikian, pihak militer AS menganggap tindakan Iran adalah suatu hal yang wajar karena Selat Hormuz masih berada di wilayah Iran.

Iran sebelumnya juga sudah memperingatkan Negeri Paman Sam agar tidak mengerahkan kapal induknya ke Teluk Persia, meski demikian AS tetap melintas di perairan itu.(AUL)

Source : okezone

0 comments:

Post a Comment