05 February 2012

Iran Lakukan Manuver di Selat Hormuz


Kapal Perang Iran Lakukan Uji Coba Misil (Foto : Press Tv)

TEHERAN - Pemerintah Iran mengatakan, Pasukan Garda Revolusi kini mulai melakukan latihan militer di dekat perairan Selat Hormuz, yang diketahui merupakan jalur pelayaran penting bagi distribusi migas dunia.

Media Iran mengatakan, kapal perang Iran akan berada selama satu bulan di daerah itu untuk melakukan manuver. Demikian dilaporkan Abcnews, 

Amerika Serikat (AS) sendiri telah lebih dulu meningkatkan kehadiran militernya di kawasan itu dengan mengirimkan dua kapal Angkatan Laut (AL) AS, yakni kapal selam nuklir USS Annapolis dan kapal distroyer USS Momsen.

Sebelumnya dua kapal perang AS USS Abraham Lincoln dan USS Carl Vinson dilaporkan telah lebih dulu berada di Teluk Persia. Laporan lain menyebutkan, kapal induk lainnya yakni, USS Enterprise dikabarkan akan segera menyusul pada Maret mendatang.

Hubungan Iran dengan Barat kembali memanas menyusul sanksi ekonomi yang dijatuhkan AS beserta sekutunya terhadap Iran.

Namun dalam ceramahnya dalam pelaksanaan ibadah salat Jumat kemarin (4/2/2012), Pemimpin Spiritual Iran  Ayatullah Ali Khamenei menegaskan, sanksi terhadap Iran tidak akan menimbulkan dampak apapun.

"Sanksi justru akan menimbulkan manfaat bagi Iran agar lebih mandiri. Kita tidak akan mencapai kemajuan militer jika sanksi tidak dikenakan pada sektor militer Iran," imbuh Khamenei seperti dikutip Reuters.(rhs)

Source : okezone.com

0 comments:

Post a Comment