09 February 2012

Inggris Persenjatai Pemberontak Suriah?

Pemberontak Suriah (Foto: The Guardian)
DAMASKUS - Inggris dan Qatar dilaporkan melakukan operasi khusus guna membantu para pemberontak Suriah di Kota Homs, 162 kilometer dari Damaskus. Ada dugaan kedua negara itu mempersenjatai Pemberontak Suriah.

Seperti dilaporkan DEBKAfile dan sumber-sumber intelijen, pasukan khusus ini tidak terlibat dalam pertempuran langsung dengan pasukan Suriah. Namun mereka berperan sebagai penasihat strategi, mengatur serangan serta komunikasi bagi para pemberontak serta memberikan bantuan terkait senjata, amunisi serta memasok kebutuhan logistik.

Menurut sumber DEBKAfile, kedua pasukan militer asing itu, telah menyiapkan empat titik yang akan menjadi target operasi mereka. Keempat titik penting itu berada di bagian utara distrik Homs Khaldiya, bagian timur Bab Amro, dan di utara Bab Derib dan Rastan.

Infromasi terkait kehadiran pasukan militer asing pertama kalinya di Suriah disampaikan oleh Perdana Menteri Turki Tayyip Erdogan di hadapan anggota parlemen Turki di Ankara pada Selasa (7/2/2012). Demikian seperti dilaporkan PanArmenian Kamis, (9/2/2012).

Selain mengumumkan kehadiran pasukan militer Inggris dan Qatar, Turki sebelumnya juga sempat menuding Rusia mempersenjatai pasukan Suriah.

Namun belum ada konfirmasi dari Inggris maupun Qatar terkait pernyataan sepihak Turki ini. Sejauh ini Inggris dan Qatar diketahui merupakan dua negara yang sangat mendukung dilakukannya tindakan militer terhadap Suriah guna mengakhiri kekerasan 11 bulan di negara itu.

Turki pun tampaknya sudah mulai kehilangan kepercayaan terhadap Suriah. Hal ini terlihat dari beberapa pernyataan yang disampaikan Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu yang menyatakan, negaranya siap mengobarkan genderang perang dengan Suriah.(rhs)

Source : okezone

0 comments:

Post a Comment