27 January 2012

Latihan Militer Israel & AS Digelar Pada Oktober


Foto : Latihan militer Juniper Cobra 2009 (sanfranciscosentinel)

YERUSALEM - Latihan militer besar-besaran "Austere Challenge 12" yang ditunda oleh Israel dan Amerika Serikat (AS) akan digelar pada Oktober 2012.

Penundaan latihan militer tersebut merupakan inisiatif dari Israel dan sudah disetujui oleh Paman Sam. Penundaan terhadap latihan militer itu dikarenakan adanya kendala teknis, namun Israel  sempat membantah laporan media Israel yang mengklaim bahwa latihan itu ditunda karena adanya kekurangan dana. Demikian seperti diberitakan Maariv, Jumat (27/1/2012).

Latihan yang ditunda pada 16 Januari lalu itu diprediksi akan menjadi latihan militer terbesar yang diselenggarakan oleh Paman Sam dan Negeri Yahudi. Beberapa pengamat menilai, latihan itu ditunda demi menghindari menghindari eskalasi ketegangan antara AS dan Iran.

Austere Challenge 12 merupakan latihan yang ditujukan untuk mewaspadai ancamana serangan misil-misil yang mengancam dua pihak tersebut. Salah seorang pengamat militer Israel menilai, latihan militer itu digunakan oleh Israel dan AS untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi misil-misil Iran yang ditujukan ke Israel.

Pemerintah AS juga menjelaskan, latihan gabungan itu akan sangat bermanfaat untuk melatih ketanggapan militer Israel dan AS dalam menghadapi segala bentuk serangan yang tidak terprediksi. 

Pada 2009 lalu, Paman Sam dan Israel juga sempat menggelar latihan militer yang besar bernama Juniper Cobra 10. Latihan itu juga digelar guna menguji pertahanan kedua negara itu terhadap ancaman serangan misil.(AUL)

Source : okezone.com

0 comments:

Post a Comment