24 January 2012

Angkatan Udara Korut Perkuat Latihan


Jet tempur Korea Utara (Foto: AFP)

SEOUL - Angkatan Udara Korea Utara (Korut) melakukan latihan dengan metode yang tidak biasanya. Latihan ini dilakukan di saat musim dingin masih melanda Negara Komunis itu.

Latihan ini diyakini merupakan bentuk dari AU Korut untuk memperkuat kemampuan tempur mereka. Latihan musim dingin militer Korut sebenarnya sudah belangsung sejak November lalu.

Meski sempat terhenti saat wafatnya Kim Jong-Il 17 Desember lalu, kini latihan kembali diteruskan. Bahkan latihan pun berjalan dengan jumlah pasukan yang lebih banyak.

"Ada peningkatkan dalam jumlah pesawat terbang yang turut serta dalam latihan ini," jelas seorang pejabat Korut seperti dikutip AFP, Selasa (24/1/2012).

Sadar dengan latihan udara Korut berlanjut, pihak Korea Selatan (Korsel) pun sepertinya akan melanjutkan kembali dengan pasukan Amerika Serikat Maret mendatang. Latihan ini juga dipicu kebijakan keras Korut kepada negara tetangganya.

Lewat pemimpin baru Korut, Kim Jong-Un, Negara Komunis tersebut sepertinya makin berupaya memperkuat militer mereka. Selain itu, Jong-Un juga makin sering membangun citranya sebagai pemimpin militer Korut yang memiliki 1,2 personel.

Rezim Jong-Un bahkan sempat mengeluarkan ancaman kepada Korsel yang mereka anggap tidak menghormati masa berkabung ketika ditinggal Kim Jong-Il. (faj)

Source : okezone.com

0 comments:

Post a Comment