20 November 2011

Waspadai NATO, Rusia Kirim Kapal Perang ke Suriah

Kapal perang Rusia (knightsbridgeinvest)


DAMASKUS - Kapal perang Rusia dilaporkan akan memasuki perairan Suriah untuk mencegah intervensi militer dari North Atlantic Treaty Organization (NATO) ke Suriah.

Masuknya kapal perang Rusia ke Suriah merupakan sikap ketidaksetujuan Rusia terhadap intervensi asing di Suriah. Rusia memang tampil sebagai pendukung Suriah, namun Rusia juga bersikap tegas dan mengingatkan negara itu agar melakukan reformasi.

Rusia juga khawatir kekerasan yang terus meningkat di Suriah bisa memicu terjadinya perang saudara.

Seorang mantan pejabat Angkatan Udara Prancis mengatakan, tanpa bantuan Rusia, Suriah tidak akan sanggup bertahan dari serangan NATO.

"Saya tidak melihat adanya kapabilitas militer dari Suriah. Suriah tidak akan sanggup bertahan menghadapi serangan Barat. Meski demikian, serangan ke Suriah akan lebih sulit ketimbang Libya bila Rusia turun tangan," ujar mantan Kepala Angkatan Udara Prancis Jean Rannou seperti dikutip The Nation, Sabtu (19/11/2011).

NATO seringkali mengintervensi dengan dalih menyelamatkan warga sipil di negara yang diserang. Hal inilah yang diwaspadai oleh Rusia. Hingga saat ini, sebanyak 3.500 orang dikabarkan tewas di Suriah dalam aksi demonstrasi. Jumlah itu pun dikabarkan akan terus meningkat.

Bagi Rusia, sanksi atau intervensi militer ke Suriah merupakan hal yang takkan dapat menyelesaikan masalah. Rusia yakin, Pemerintah Suriah butuh waktu untuk mengimplementasikan janjinya kepada masyarakat.(rhs)



Source : http://international.okezone.com

0 comments:

Post a Comment