12 December 2010

Media Jepang: Akhir Tahun Korut Serang Korsel


Korea Utara (Korut) dikhawatirkan kembali menyerang Korea Selatan (Korsel) akhir tahun ini. Lima pulau Korsel di dekat perbatasan kedua negara bakal menjadi sasaran awal Korut, yang menggempur Pulau Yeonpyeong melalui rentetan tembakan artileri pada 23 November lalu. 


Demikian kabar yang muncul di media massa Korsel dan Jepang. Harian Jepang, Tokyo Shimbun, pada Kamis 2 Desember 2010 mengabarkan bahwa Korut akan kembali melakukan serangan atas Korsel akhir tahun ini.

Informasi itu diperoleh dari seorang sumber Tokyo Shimbun, yang tidak ingin disebutkan namanya. Dia mengaku mendapat kabar itu setelah berbicara dengan seorang pejabat Korut. Sumber tersebut mengatakan bahwa Korut akan mengincar provinsi Gyeonggi di baratlaut Korsel dan akan menyerang kapal perang Korsel di Laut Kuning.

Sementara itu kantor berita Korsel, Yonhap, mengungkapkan bahwa peluang Korut untuk kembali melancarkan serangan ke Korsel sangatlah besar. Lima pulau Korsel dekat perbatasan di Laut Kuning diduga bakal menjadi sasaran utama serangan Korut berikutnya. Informasi itu dilontarkan Kepala Badan Intelijen Korsel, Won Sei-hoon.

“Korut didesak banyak kalangan dalam negeri untuk melakukan tindakan gegabah lagi menjelang suksesi kekuasaan dan di tengah buruknya perekonomian,” ujar Won, Rabu 1 Desember 2010.

Won mengatakan bahwa informasi itu dia peroleh dari sebuah rekaman percakapan pejabat Korut Agustus lalu. Dia menjelaskan bahwa lima pulau Korsel di dekat perbatasan dengan Korut di perairan Laut Kuning terancam bahaya.

“Korut seringkali membuat ancaman yang mengintimidasi. Kami berharap semoga warga sipil tidak menjadi korban serangan Korut,” ujar Won.

Ancaman dari Korut bukanlah sesuatu yang baru. Hampir setiap hari pemerintah Korut melalui kantor beritanya, KCNA, memperingatkan kehancuran bagi Korsel.
Sebelumnya, Korut mengancam akan kembali menggempur Korsel jika tetap melaksanakan latihan militer gabungan dengan Amerika Serikat akhir pekan lalu. Korsel dan AS tetap berlatih, namun tidak ada ancaman serius dari Korut setelah insiden Yeonpyeong. (umi)

0 comments:

Post a Comment